KLIK

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

4.5
Laptop..? nama yang tak lagi asing di telinga kita.

Tapi, apakah anda tau, Apa itu Laptop..?
Laptop adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Sumber daya Laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.



Berbeda dengan PC, Laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat Laptop yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun Laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Laptop biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya.

Sebelumnya saya sudah share tentang Cara Merawat Laptop.
Untuk kali ini, saya akan memberikan sedikit Info tentang hal – hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Laptop bekas.
Inilah yang harus di perhatikan..

1.       Cek Secara Fisik

Kita tidak mungkin berharap Laptop bekas dalam keadaan baru tanpa goresan. Kita mungkin menghiraukan tanda atau noda – noda yang samar, tetapi coba perhatikan baik – baik, jika ada sesuatu yang terbuka atau tidak berfungsi lancar pada bagian berikut :

·         Retak atau penyok hingga menampakan Internal Hardware nya
·         Sticker jaminan yang sudah terpotong atau hilang
·         Retak atau penyok hingga menampakan Internal Hardware nya
·         Baut berkarat atau hilang

2.       Tanyakan Status Jaminan

Idealnya laptop yang dijual masih ada masa jaminan. Jika memang ada masa jaminannya, minta kartu jaminan berstempel atau yang bentuk aslinya. Jangan percaya perkataan dari penjual bahwa Laptop sudah terdaftar jaminan online, kecuali Laptop untuk urusan Bisnis seperti Lenovo ThinkPads. Kalau memang dia berkata demikian, minta Printout Status Jaminan online nya.
Jika Laptop tidak memiliki masa jamainan, mintalah jaminan langsung dari penjual.

3.       Cek Konfigurasi Laptop

Jika membeli PC Online, Printout Deskripsi PC Online nya dan ikuti langkah - langkah berikut untuk memastikan kita memperoleh apa yang sudah kita bayar.

·         Klik kiri pada My Computer dan pilih Poperties.
Cara ini akan menunjukan Sistem Operasi, Prosessor dan jumlah total RAM Laptop.
·         Klik kiri My Computer dan cek ukuran Harddisk Laptop.
·         Klik Control Panel, klik System dan pilih tabel Hardware, lalu klik Device Manager.
Cara ini akan menunjukan Komponen Internal. Seperti Wireless Cards dan Bluetooth.
·         Klik Command Prompt di bawah Accessories dan ketik “dxdiag“.
Kotak dialog akan menunjukan Prosessor Tipe Grafis di bawah Kop.

4.       Periksa Port dan Charges

USB Port adalah Port yang ada dalam bagian Laptop yang sering digunakan, jadi bagian itu juga yang paling cepat rusak. Bawa USB Flashdisk ketika datang ke tempat penjual, cek masing - masing port apakah masih berfungsi atau tidak.
Kalau punya, bawa kartu Personal Computer Memory Card International Association ( PCMCIA ) untuk cek Port lainnya. Kartu PCMCIA merupakan media kartu dengan sisipan SIM Card untuk melakukan koneksi Internet melalui frekuensi GSM atau CDMA pada PC laptop. Terakhir tancapkan kabel pada Adaptor untuk meyakinkan bahwa baterai dapat di Charge.
Baterai mulai memburuk sekitar setahun lamanya. Jadi jangan terlalu bingung tentang kondisi Baterai kecuali pembeli berjanji Baterai baru. Maka kita dapat mengunduh Freeware seperti BatteryCare untuk Windows, menentukan putaran dan kapasitas Charge. Untuk Macs, klik Applications – Utilities - Systems Profiler agar dapat informasi tentang masa hidup Baterai.

Nah, itulah sedikit Info dari saya tentang Hal - Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Laptop Bekas.

Semoga Bermanfaat.

Sumber : https://elmudunya.wordpress.com/
Klik jika artikel ini bermanfaat
UBLO SEVEN

Post Author : M. Arief Ubaidillah

Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat anda sampaikan melalui Kotak Komentar di bawah ini atau di Facebook (Muhammad Arief Ubaidillah) bisa juga di Twitter (@ubeeed).

5 comments:

Anonim mengatakan...

siip

Anonim mengatakan...

siipp

Ubed Ubaidillah mengatakan...

@Anonim okelah :D

nikofamili mengatakan...

mantep

Arief Ubaidillah mengatakan...

@nikofamili terima kasih :))

Komentar Anda Sangat Bermanfaat

Silahkan Berkomentar !

 
The Official Website Of Arief Ubaidillah
Copyright© 2013 UBLO SEVEN™ | Use Chrome To The Maximum Result