KLIK

Hal - Hal Penting Dalam Membeli Blackberry

4.5
Siapa sih jaman sekarang yang gak tau Blackberry atau biasa di kenal dengan istilah BB..?
BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan Push E-mail, Telepon, SMS, Menjelajah Internet, Messenger (Blackberry Messenger / BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan KanadaResearch In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.



Pada postingan sebelumnya, saya sudah memberi tahu tentang Cara Membedakan Blackberry Asli dengan Yang Palsu.
Postingan kali ini saya akan sedikit share Hal – Hal Yang Sebaiknya Anda Ketahui tentang Blackberry atau Perangkat – perangkatnya.

Berikut infonya..

1. BB adalah perangkat yang dibuat dan diproduksi oleh Research In Motion Ltd atau disingkat RIM yang berbasis di Canada. Segala hal terkait informasi resmi tentang BB bisa diakses melalui http://www.blackberry.com.

2. Apa yang harus dilakukan setelah membeli BB baru :

- Masukkan SIM Card
- Aktifkan BB
- Aktifkan layanan BIS ke operator seluler
- Restart BB
- Setelah aktif, silahkan gunakan layanan sesuai keperluan, selesai.

3. Selain IMEI, setiap perangkat BB memiliki identitas unik lain yang dinamakan PIN. PIN ini adalah 8 digit karakter yang tidak ada persamaannya dengan BB lain di dunia. PIN dijadikan “identitas” suatu BB untuk berkomunikasi dengan Server RIM atau dengan BB lainnya. PIN ini memungkinkan seluruh layanan BB (selain Telpon dan SMS / MMS) bisa dijalankan.

4. Untuk mengetahui informasi tentang BB yang Anda gunakan, tekan secara bersamaan 3 tombol berikut : ALT, aA dan H.

5. BB adalah smartphone yang bekerja dan dijalankan oleh Operating System (OS). OS yang digunakan adalah BlackBerry OS yang berbasis Java.

6. RIM telah bekerjasama dengan operator selular (GSM dan CDMA) untuk memberikan layanan BB. Layanan ini ada 2 jenis yaitu BlackBerry Internet Service (BIS) dan BlackBerry Enterprise Server (BES). Untuk penggunaan pribadi, anda hanya perlu mengaktifkan dan berlangganan layanan BIS ke operator selular pilihan anda.

7. Operator selular di Indonesia yang menyediakan layanan BIS diantaranya adalah Indosat (GSM & CDMA), Telkomsel (GSM), XL (GSM), 3 (GSM), Axis (GSM) dan Smart (CDMA).

8. Ragam layanan BIS :

- BIS Unlimited : Seluruh layanan BIS meliputi Browsing, Push Mail, Chatting (YM, GTalk, MSN, AOL) dan Social Networking (Facebook for BlackBerry, Twitter for BlackBerry) dilewatkan ke APN Backberry.net dan semua layanan tersebut bisa diakses sepuasnya setelah membayar biaya berlangganan tanpa tambahan charge.
- BIS Lite (BIS Mail) : Lebih murah dari BIS Unlimited, fasilitas yang aktif hanya Push Mail dan Chatting. Layanan untuk Browsing dan keperluan lain yang memerlukan koneksi internet akan di charge terpisah (potong pulsa).
- BIS Gaul / Life Style / Friends : Lebih murah juga dari BIS Unlimited, fasilitas yang aktif hanya Chatting dan Social Networking, tidak ada Push Mail. Layanan untuk browsing dan keperluan lain yang memerlukan koneksi internet juga akan di charge terpisah (potong pulsa).

9. BB bisa dijadikan sebagai modem untuk PC dan Mac. Seluruh biaya akses data akan di charge sesuai tarif yang berlaku karena tarif BIS hanya berlaku untuk penggunaan internet di handheld BB saja.

10. Indikator bahwa layanan BB sudah aktif dan siap digunakan adalah pada pojok kanan atas layar ada indikasi layanan seluler yang menggunakan huruf kapital semua, contohnya GPRS, EDGE, 3G atau 1X untuk CDMA. Jika masih huruf kecil berarti belum aktif atau sedang ada gangguan pada jaringan, misalnya tampil indikator gsm, edge, gprs, 3g ataupun 1x.

11. Membuat dan mengirimkan pesan SMS dan MMS :

- Masuk ke Messages
- Tekan tombol menu (lambang BB)
- Pilih Compose SMS atau Compose MMS
- Ketik pesan
- Jika selesai, tekan menu, pilih Send untuk mengirimkan pesan.

12. Untuk mereset / Restart BB ada dua cara :

 Hard reset dengan cara cabut batere selama beberapa saat lalu pasang lagi.
- Soft reset dengan cara menekan 3 tombol berikut secara bersamaan: ALT (sebelah kiri), aA (sebelah kanan) dan DEL.

13. BlackBerry Messenger (BBM) adalah layanan messaging khusus BB. BBM bekerja berdasarkan PIN. Untuk menambah teman baru pada BBM, selain menggunakan PIN, Anda juga bisa menggunakan Alamat Email yang di Push ke BB rekan anda tersebut.

14. Jumlah Email yang bisa di Push ke BB adalah sebanyak 10 Account Email, ditambah 1 account email @operator.blackberry.com (dimana operator adalah nama operator seluler BIS Anda).

15. Cara mendaftarkan email yang akan dipush ke BB :

- Pastikan layanan BIS telah aktif.
- Pada halaman depan BB, masuk ke Email Settings
- Klik Add An Email Account
- Masukkan alamat Email dan Password, klik Next
- Jika sukses, klik Signature and Settings
- Isikan isian Your Name dengan nama lengkap Anda
- Ubah Signature sesui keperluan
- Klik Save, selesai

Satu hal yang harus diingat, kebanyakan pemula tidak mengisi isian Your Name sehingga saat mengirim Email, pada penerima tidak tampil nama pengirimnya, hanya tampil Alamat Emailnya saja.

Sekian postingan kali ini.
Terima Kasih. Semoga Bermanfaat.

Sumber : http://ena-ayobelajarbersama.blogspot.com/
Klik jika artikel ini bermanfaat
UBLO SEVEN

Post Author : M. Arief Ubaidillah

Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat anda sampaikan melalui Kotak Komentar di bawah ini atau di Facebook (Muhammad Arief Ubaidillah) bisa juga di Twitter (@ubeeed).

0 comments:

Komentar Anda Sangat Bermanfaat

Silahkan Berkomentar !

 
The Official Website Of Arief Ubaidillah
Copyright© 2013 UBLO SEVEN™ | Use Chrome To The Maximum Result